Pengertian Arsip Menurut Para Ahli


Pengertian Arsip Menurut Para Ahli | Arsip secara etimologi berasal dari bahasa Latin, yaitu Felum (bundel) yang artinya tali atau benang. Bahasa Yunani, yaitu Archium artinya peti untuk menyimpan sesuatu. Bahasa Inggris, yaitu Archieve artinya kumpulan warkat; “record” artinya catatan; “file” artinya sekumpulan informasi. Bahasa Belanda, yaitu Achief artinya warkat dan bahasa Jerman, yaitu archivalen artinya warkat.

Jadi arsip adalah warkat atau catatan mengenai peristiwa atau hal. Sementara kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan serta penyiapan warkat menurut sistem tertentu.

Pengertian Arsip Menurut Para Ahli

Dalam pengertian ini menurut Surojo (2006) dapat dipahami bahwa arsip terdapat data ataupun informasi yang dibutuhkan oleh setiap orang ataupun sekelompok pejabatatau pegawai untuk keperluan peleksanaan tugas, fungsi, dan pekerjaan di dalam organisasi dan kebutuhan individual.

Menurut The Georgia archieves (2004), dokumen/arsip adalah informasi yang dikumpulkan dan bisa di akses serta digunakan.

Adapun The Internasional Standar Organization (ISO ON Records Management-ISO 15489) mendefinisikan rekor dokumen sebagai informasi yang diciptakan, diterima dan dikelolasebagai bukti maupun informasi yang oleh organisasi atau perorangan digunakan untuk memenuhi kewajiban hukum atau transaksi bisnis. Dokumen ini mempunyai awal dan akhir yang dapat berupa teks, data, peta digital, spreadsheet, data base, gambar dan data suara.

Deserno dan Kynston (2005) sebagai dokumen dalam semua media yang mempunyai nilai histori atau hukum sehingga disimpan secara permanen.

Odgerds (2005) mendifisikan management arsip sebagai proses pengawasan, penyimpanan dan pengamanan dokumen serta arsip, baik dalam bentuk kertas maupun media elektronik.

Lebih lanjut bank dunia (2005) menjelaskan bahwa pengelola dokumen yang terintegrasi adalah :

  • Untuk menjaga dokumen maupun arsip agar dapat di akses dan digunakan sepanjang ada nilai kegunaannya.
  • Untuk membuat informasi dari dokumen dan arsip, tersedia dalam format yang tepat, digunakan oleh orang yang tepat dan dapat digunakan pada saat yang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel