Pengguna Facebook Wajib Tahu Dengan Fitur-Fitur Ini


Pengguna Facebook Wajib Tahu Dengan Fitur-Fitur Ini | Berbagai fitur yang dimiliki oleh facebook dapat berdiri sendiri dalam bentuk aplikasi, seakan-akan facebook adalah sebuah sistem operasi seperti windows dan berbagai fitur facebook adalah aplikasi independen yang bisa berbagi data dengan sistem operasi seperti microsoft word.

Dan aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh facebook dan bisa kita gunakan yaitu :

1. Poke
Poke adalah aplikasi untuk “mencubit” seseorang. Berguna untuk menunjukan ketertarikan anda pada orang tersebut, atau menunjukan anda sedang membuka halaman profil teman anda.

2. Photos
Photos adalah tempat dimana anda dapat melihat berbagai gambar atau Photo yang dimuat di facebook, baik oleh anda sendiri atau oleh teman-teman anda di facebook. Aplikasi photos mengelompokkan gambar yang dimuat di facebook kedalam photo album.

3. Notes
Notes adalah aplikasi blogging di facebook. Kita bisa bebas menuliskan apa yang anda inginkan sekaligus membagikannya dengan teman-teman anda.

4. Marketplace
Marketplace adalah aplikasi iklan baris di facebook. Kita dapat melihat iklan yang diminati oleh semua orang dari network tempat kita bergabung.

5. Events
Events adalah aplikasi di facebook untuk menciptakan, mengikuti dan menemukan berbagai cara baik yang diciptakan sendiri, teman anda maupun orang lain.

6. Video
Video adalah tempat memuat video atau dokumentasi audio visual.

Facebook Sebagai Media Pembelajaran

Seperti yang kita ketahui bahwa jaringan facebook telah meluas di dunia Sekolah Dasar serta dapat di akses dengan mudah dimana saja dan kapan saja dengan bantuan HP atau komputer. Dalam jaringan ini kita dapat memanfaatkan jaringan ini sebagai media pembelajaran dengan cara membuat komunitas/grup yang di dalamnya terdapat anggota/siswa dan pengajar.

Dengan cara mengupdate perubahan status tentang bahan belajar maka wall akan berisi koneksi bahan ajar serta memungkinkan guru dan siswa yang online dalam waktu yang sama untuk berinteraksi dan merespon atau memberi komentar tentang status atau tugas yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Melalui ini pun guru dapat meng-upload album dan foto yang mendukung materi pembelajaran. Lalu guru dapat menandai foto untuk siswa untuk membahas tentang hal itu. Pada jaringan akun komunitas ini guru dapat memberikan soal-soal latihan, pembahasan ataupun pemberitahuan/pengumuman pada siswa.

Guru dapat melakukan penilaian para siswa dan menditeksi pemahaman siswa serta melakukan pengawasan terhadap siswa dalam penggunaannya. Sehingga siswa dapat terkontrol dalam penggunaan jaringan facebook. Dari pada anak menggunakan jaringan facebook sekedar main-main alangkah baiknya kita sebagai pengajar meluruskan anak keproses pembelajaran yang lebih baik sesuai dengan perkembangan anak pada usianya dan perkembangan teknologi yang makin pesat.

Kelemahan dan Kelebihan Jaringan Facebook

Dalam pengaplikasiaan penggunaan facebook sebagai media pembelajaran pastilah terdapat kelebihan dan kelemahannya. Kelebihan menggunakan facebook sebagai media pembelajaran tentu mempunyai keuntungan, dimana bisa melakukan proses pembelajaran tanpa adanya keterbatasan dalam hal waktu dan kondisi. Disamping itu prinsip pembelajaran PAIKEM (Pemebalajaran Aktif Inovatif, Kreatif dan Menyenangkan) dapat terpenuhi, sehingga dapat memotivasi anak belajar.

Kelemahan tentu saja ada dimana harus di dukung oleh perangkat sarana dan prasarana penunjang kelancaran proses belajar mengajar melalui faceebook, seperti ketersediaan alat teknologi bagi guru dan siswa. Walaupun tidak setiap siswa memiliki alat teknologi yang dimaksud, dapat saja anak tersebut melihat dan berbagi informasi dengan temannya yang memiliki akun tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel